Meditasi Pikiran

Pikiran Tenang, Tubuh Bugar Dengan Meditasi Kesehatan

Mungkin Anda masih ingat dengan ungkapan lama yang masih sering disebut-sebut hingga sekarang ? “Menzana Corpore Zano” yang berarti ‘Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat” Ada yang mengatakan bahwa ungkapan ini sebenarnya salah kaprah, keliru besar. Coba Anda perhatikan mereka yang ada di rumah sakit jiwa, secara fisik mereka sehat namun dalam faktor kejiwaan mereka dikatakan tidak sehat. Bukankah ungkapan tersebut dapat dikatakan keliru besar ? Begitupun sebaliknya. Orang yang secara fisik sakit / cacat memiliki jiwa yang sehat.
Secara jujur diakui oleh sejumlah dokter dan mereka yang menekuni dunia kejiwaan (psikologi) bahwa tubuh dan pikiran yang merupakan salah satu bagian dari jiwa mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Gangguan pada salah satu bagian, akan menyebabkan gangguan pada bagian yang lainnya.
Seperti yang kita ketahui, apapun yang bergetar pada pikiran akan menimbulkan dampak pada jasmani. Demikian juga sebaliknya, apapun yang kita lakukan dengan jasmani dan ucapan akan menimbulkan catatan dalam pikiran dan tersimpan dalam memori kita. Catatan buruk di memori dari hasil perbuatan atau ucapan kita, pada suatu saat, akan menimbulkan rasa sakit dan sejumlah keluhan kesakitan.
Demikian kuatnya hubungan antara pikiran, jasmani, dan sejumlah keluhan sakit yang muncul sehingga kita sedini mungkin harus bisa menghindari agar jangan sampai kita sakit karena ulah kita sendiri. Oleh karena itu, Meditasi Usada menggunakan rasa yang muncul di badan sebagai batu loncatan untuk menghapuskan reaksi buruk yang muncul dalam memori dan pikiran kita.
Meditasi Usada adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah yang timbul sehubungan dengan kesehatan pikiran atau mental. Ini harus dilatih dengan baik sehingga menghasilkan manfaat bagi diri sendiri. Secara umum, Meditasi Usada akan menghasilkan manfaat bagi mereka yang mempunyai banyak masalah, seperti kurang percaya diri, sibuk, sedang bingung, selalu merasa takut, cemas, bimbang, merasa tidak puas, putus asa, mudah marah, mudah membenci orang, diperbudak oleh nafsu, ketagihan pada minuman atau obat terlarang, dan berbagai masalah lainnya.
Latihan meditasi digunakan untuk membiasakan pikiran bergerak dalam bidang yang positif. Dalam latihan meditasi, seseorang dikondisikan untuk selalu menyadari setiap saat segala sesuatu yang dikatakan, dilakukan dan dipikirkan. Latihan ini dilakukan dengan selalu merenungkan kata-kata: “Saat ini saya sedang apa?” Latihan ini diperlukan karena dari waktu ke waktu, pikiran seseorang selalu berlompatan ke masa lampau maupun yang akan datang. Amat sangat jarang pikiran menyadari kesibukan yang sedang dilakukan saat ini. Pemikiran tentang masa lampau yang pahit hanyalah akan menimbulkan penyesalan.
Sebaliknya, bila kenangan manis yang diingat, orang hanya akan terbuai oleh bayangannya saja. Apabila, pikiran melihat masa depan yang suram, akhirnya orang stres; masa depan cerah pun kadang hanya berhenti sampai pada angan-angan atau mimpi saja.
Meditasi membiasakan seseorang menyadari bahwa hidup adalah saat ini. Tadi kita sudah pernah hidup, tetapi sudah tidak hidup. Nanti kita akan hidup, tetapi belum tentu hidup. Saat inilah hidup. Manfaatkanlah. Kesadaran akan hidup saat ini akan memacu semangat hidup agar dapat memanfaatkan setiap momen kehidupan dengan sebaik-baiknya. Tidak akan ada waktu yang terbuang untuk bermalas-malasan. Setiap waktu sedemikian berharganya .
Selain itu, meditasi akan dapat meningkatkan konsentrasi kerja seseorang sehingga dengan demikian daya kreatifitas akan dapat muncul. Ide dan gagasan cemerlang muncul dengan mudah.
Dalam bermeditasi, pikiran memang sukar diawasi. Dengan latihan yang tekun dan melakukan semua petunjuk dengan benar, setiap orang bisa menciptakan pikiran harmonis (pikiran yang mengandung konsentrasi, kesadaran, dan kebijaksanaan) dalam dirinya masing-masing. Kondisi ini akan sangat membantu dalam proses penyembuhan pada segala macam trauma yang muncul dalam pikiran dan juga masalah penyakit yang kadang-kadang terasa aneh di dunia kedokteran modern.
Tidak terlalu berlebihan bila dikatakan bahwa Meditasi Usada merupakan cara yang mudah dan murah untuk menjaga kesehatan secara mental atau pikiran.

Pikiran harmonis
Meditasi kesehatan akan melatih setiap orang agar memiliki pikiran harmonis, pikiran yang mengandung konsentrasi, kesadaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih. Ini merupakan tahap dasar dari meditasi kesehatan. Pikiran akan memiliki kualitas yang baik.
Pikiran harmonis inilah yang selanjutnya dipergunakan untuk merasakan badan, bagian demi bagian. Dengan demikian, kita memberikan energi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya bagian tubuh tertentu, namun untuk seluruh bagian tubuh. Dalam tahap terakhir, akan diajarkan bagaimana caranya untuk menyembuhkan sakit-sakit yang ada di badan dengan pikiran harmonis.
Pikiran harmonis yang telah terlatih ini, tidak hanya dapat dipergunakan untuk menyembuhkan badan. Di sisi lain, pikiran harmonis dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menerima segala kondisi yang ada seperti apa adanya, mengendalikan emosi, menghilangkan tekanan yang muncul dari kehidupan ini, dan berbagai reaksi buruk yang ada dalam memori. Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan menjadi orang yang lebih bahagia.
Dengan ungkapan lain, pikiran harmonis akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Karena dengan pikiran yang tenang kita bisa melakukan aktifitas dengan baik. Tentu saja, kondisi ini harus dipelihara dengan baik setiap hari. Alangkah baiknya bila setiap orang dapat memelihara pikiran harmonisnya dengan baik, dengan selalu berlatih meditasi setiap hari, dua kali dalam sehari. Lebih baik lagi, bila pikiran kita sudah terampil dan selalu eling, waspada dalam kehidupan sehari-hari.
Seperti halnya pisau, kalau digunakan setiap hari pasti akan tumpul. Begitu juga dengan pikiran atau jasmani kita, bila hanya digunakan setiap hari tanpa dijaga maka dia akan lemah, banyak menyimpan reaksi buruk dari lingkungan yang kian lama akan menjadi penyebab munculnya penyakit baik pada jasmani atau pikiran kita. Bukankah Anda tidak ingin mengalami hal yang menyakitkan di kemudian hari ? Mengapa Anda tidak mulai melakukan langkah yang mudah ini, yaitu dengan Meditasi Usada ? Syarat utama yang diperlukan disini adalah tekad yang kuat. Bagaimanapun sulitnya, dengan tekad yang kuat Anda pasti bisa menjaga pikiran agar selalu prima dan terkontrol sehingga secara tidak langsung jasmani Anda pun akan terjaga. Dengan kata lain, ungkapan di atas akan menjadi kenyataan. (DP/Dari berbagai sumber)

About baline

Cerita Cerita Anak Bali
This entry was posted in Yoga dan Meditasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s